Thursday, January 12, 2012

Honda CS1 di Buang Sayang


Honda CS1 atau City Sport 1 merupakan salah satu varian bebek super buatan Honda. Di buat khusus untuk Indonesia dan di desain oleh orang Indonesia juga walaupun mesin masih mengadopsi mesin Honda Sonic aka CBR 125, dengan perbedaan setingan mesin dan kompresi yang disesuaikan dengan body motor dan jenis bahan bakar yang  dipakai sebagian besar masyarakat di Indonesia (premium). Desain Body Cs1 Juga menawarkan riding position yang nyaman dan kelebihan dalam bermanuver.














Sayang sejak awal peluncuranya honda CS1 kurang mendapat sambutan positif oleh konsumen, terutama dalam hal penjualan apabila di bandingkan dengan varian bebek super pabrikan lainnya seperti Suzuki Satria FU dan Yamaha Jupiter MX. Soal mesin dan peforma memang tidak ada yang meragukan tapi soal desain banyak yang tidak menyukai.

Berikut ini merupakan pendapat saya mengapa Honda CS1 kurang laku di pasaran :
  • Desain yang janggal, terutama bagian kepala yang terpisah dengan stang walaupun membuat nyaman dalam riding position terlihat aneh dan tidak sesuai dengan selera kebanyakan konsumen.
  • Harga dan cc motor, sebagai sebuah motor bebek super yang menawarkan keunggulan fitur dan mesin Honda CS1  memiliki harga yang tidak murah 17 jutaan sejak awal penjualanya, bandingkan dengan Jupiter MX 135cc yang 14-15 jutaan (dengan image yamaha yang sedang naik Karena Rossi) dan Satria FU 150cc DOHC 16 jutaan (FU versi lawas). Dan di perparah dengan kelahiran motorsport batangan  Yamaha Vi-xion 150cc dengan harga jual pada awalnya 18 jutaan membuat CS1 makin terpuruk.
  • Segmentasi Possitioning Kurang jelas, CS1 di buat untuk menantang siapa MX atau Satria FU sama-sama bebek super tapi beda cc.
  • Promosi kurang baik, tanpa adanya brand ambassador.
  • Variasi modif terbatas,
Walau kurang populer dan kurang baik dalam penjualan namun sangat di sayangkan  apabila CS1 disuntik mati alias diskontinue. Saya sendiri lebih setuju klo CS1 di desain ulang dengan desain yang lebih baik dan yang lebih diterima masyarakat, promosi yang lebih baik dan detil-detil lainnya, kalau perlu cc di perbesar menjadi 150cc. Siapa tau di masa yang akan datang Honda CS1 bisa berjaya.


SPESIFIKASI Honda CS1 :

Panjang X lebar X tinggi : 1.923 x 682 x 1.042 mm
Jarak sumbu roda : 1.251 mm
Jarak terendah ke tanah : 130 mm
Berat kosong : 114 kg
Tipe rangka : Twin Tube Frame
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Tunggal ( Monoshock )
Ukuran ban depan : 70/90 - 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80/90 - 17 M/C 44P
Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 4,1 liter
Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendingin air
Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
Volume langkah : 124,7 cc
Perbandingan kompresi : 10,7 : 1
Daya maksimum : 12,8 PS / 10.000 rpm
Torsi maksimum : 1.04 kgf.m / 7500 rpm
Kapasitas minyak pelumas mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Manual. multiplate wel clutch
Gigi transmsi : 5 kecepatan
Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5
Starter : Electrik Starter & Kick Starter
Aki : MF, 12 V - 3,5 A.h
Busi : ND U24ESR-N / NGK CR8E
Sistem pengapian : DC - CDI

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...