Friday, February 3, 2012

Bajaj Targetkan Penjualan 36 Ribu Motor Agar Bisa Buat pabrik Di Indonesia


Seperti yang kita ketahui bahwa penjualan sepeda motor bajaj yang selama ini ditangani oleh APM BAI masih mengimpor produk-produknya dari India. Meski hanya menjual tipe sport, tapi sepanjang 2011 ada 23 ribu unit yang habis terjual. 

"Paling banyak, 45 persennya adalah Pulsar 135LS," buka Rizal Tandju, PR & Event Manager PT BAI. "Selebihnya 30 persen Pulsar 180 dan 25 persen sisanya adalah Pulsar 220," rincinya lebih lanjut.

Sedang untuk tahun 2012 ini, BAI mencanangkan peningkatan penjualan cukup tinggi. Mencapai 36 ribu unit hingga akhir tahun. "Berarti rata-rata penjualannya mencapai 3 unit perbulan," beber Rizal.

Walaupun target naik lebih dari 50 persen dibanding tahun sebelumnya, angka 36 ribu unit masih mungkin untuk dicapai. Pasalnya masih banyak daerah yang belum tersentuh. Saat ini Bajaj baru memiliki 124 jaringan dealer dan 136 bengkel di seluruh Indonesia.

"Padahal ada lebih dari 300 Kabupaten di Indonesia. Makanya kami menargetkan untuk memperbanyak jaringan menjadi 200 dealer dan 200 bengkel di tahun 2012 ini" jelas pria ramah yang gemar naik motor ini.

Selain itu, target 36 ribu unit per tahun juga coba dikejar BAI untuk memperoleh restu membangun pabrik di Indonesia. "Ya, kami memang menginginkan agar Bajaj membuka pabriknya di Indonesia. Itu sebabnya kami canangkan untuk bisa jual 3 ribu unit sepeda motor per bulan," tegasnya.

Memang sepertinya sudah waktunya bagi bajaj motor untuk membangun pabrikannya di Indonesia, berkenaan untuk menunjukkan keseriusan BAI  sendiri untuk bersaing di dunia otomotif roda 2 (mungkin juga roda 4 bila Bajaj ingin memasukan varian mobil murahnya di Indonesia). Efek positifnya harga-harga varian sepeda motor bajaj akan semakin murah, sparepart akan semakin mudah, dan kemungkinan besar pamor bajaj akan naik secara drastis.

Mungkin saja rencana bajaj yang akan merilis varian motor terbarunya macam Avenger dan yang lainnya juga merupakan salah satu jalan dan strategi memuluskan target 36 ribu unit itu. Jadi tidak ada salahnya kalau BAI sebagai APM sepeda motor Bajaj di Indonesia dapat sesegera mungkin memboyong varian Pulsar 200 NS, toh motor ini juga sudah mendapat animo  yang besar dari biker di tanah air.  Kita lihat saja di tahun 2012 ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...